my name is tami...bibeh...titam

Assalammualaikum...wr...wb...
WELCOME :)


Kamis, 05 Agustus 2010

why do i love reading???

membaca. kira-kira lima atau enam tahun yang lalu aku punya hobi membaca (novel). sebelumnya, jangankan mau membaca, nengok cover buku atau novel yang tebal-tebal aja udah males banget rasanya. aku lebih suka membaca sesuatu yang ringan-ringan saja kayak cerpen atau majalah/komik/tabloid.

pernah waktu lagi main ke rumah teman kantornya Dad, yang punya anak setahun lebih tua dia atasku. kalau nggak salah namanya Riski. nah, si Riski ini punya hobi baca. kenapa aku bisa tahu? soalnya waktu itu aku bongkari lemari yang ada di ruang tamu keluarganya (nggak sopan banget aku ya? berhubung aku nggak dimarahi ya lanjot aja lha!). dan setelah ditelasak-telisik ternyata lemari itu penuh dengan buku. ya, buku! a lot of books at there. dan beberapa diantaranya adalah buku serial Harry Potter.

jujur dulu aku nggak tahu kalau Harry Potter itu berasal dari novel. yang aku tahu bahwa Harry Potter itu hanyalah sebuah film yang aku tonton vcd-nya bareng adik-adikku di rumah. well, ceritanya keren. soalnya aku suka sama cerita-cerita fiksi yang berbau magic. bahkan aku sempat sedih waktu selesai nonton Harry Potter, karena aku menganggap bahwa ceritanya hanya sampai di situ aja. sampai akhirnya aku baru tahu kalau Harry Potter itu berasal dari sebuah novel yang ternyata nggak hanya SATU tapi berseri-seri. aku langsung senang mengetahui hal itu, terutama adanya kemungkinan kalau cerita Harry Potter akan diadaptasi kembali dalam sebuah film untuk melanjutkan film sebelumnya.

masih di rumahnya si Riski, aku coba meminjam buku Harry Potter yang dia punya yang sama seperti yang aku tonton di rumah (sorcerer's stone). karena aku suka ceritanya waktu aku tonton filmnya, aku mau mencoba untuk membacanya. tapi apa daya baru halaman pertama di bab pertama aku udah mengalah sama rasa malas. sumpah, aku nggak minat banget membacanya. lalu novel itu pun aku letakkan kembali ke dalam lemari. ternyata waktu di usia SMP aku masih nggak suka juga untuk membaca novel.

sampai semua ketidaksukaanku membaca novel berubah saat Dad yang waktu itu baru pulang dari luar kota membawakan aku novel Harry Potter seri ke-5 yaitu Harry Potter and the Order of Phoenix. waktu itu aku sudah SMA. mungkin karena dilihatnya aku suka sama film harry Potter jadi dia berpikir kalau membelikan novel Harry Potter aku akan senang. well, aku senang. siapa yang nggak senang kalau dibelikan sesuatu oleh orang tua. masalahnya itu novel dan aku nggak terlalu suka membaca novel. apalagi yang dibelikannya Harry Potter seri yang ke-5 (jauh banget kan lompatnya).
but, ya... aku harus mengakui bahwa ketidaksukaanku itu berubah menjadi sangat suka sekaligus penasaran setelah aku mencoba membaca bab pertamanya. well, ternyata baca novel nggak seboring yang aku kira. malah semakin aku melahap setiap katanya aku menjadi semakin penasaran dengan akhir kisahnya. walaupun aku belum tahu cerita yang ke-3 dan ke-4 (yang 1 dan 2 itu pun tahu ceritanya dari film), tapi jujur aku enjoy banget waktu membaca HarPot yang ke-5. soalnya sambil membaca aku sambil menebak-nebak bagaimana petualangan Harry sebelumnya di tahun ke-3 dan ke-4. belum lagi gaya bahasanya JK Rowling yang mampu membawaku melampaui imajinasiku sendiri. cara dia menuliskan tentang dunia sihir itu amazing banget. i love magic!

setelah menyelasaikan 1200 halaman Order of Phoenix dalam satu minggu, minggu-minggu berikutnya aku masih terus membacanya tanpa bosan. hanya membaca yang ke-5 malah membuatku semakin penasaran sama buku-buku yang sebelumnya. sampai-sampai aku minjam novel ke-3 dan ke-4 sama sepupuku. lagi-lagi setelah membacanya aku jadi semakin jatuh cinta sama cerita HarPot. dan aku malah berkeinginan untuk memiliki semua bukunya. maka menabunglah aku untuk membeli ke empat buku yang belum aku punya. sampai tahun 2006, aku sudah punya serinya dari satu sampai yang ke lima. walaupun bukan edisi yang pertama but i dont care. yang penting aku punya bukunya dan sudah membacanya. paling nggak aku kedengaran keren punya koleksi HarPot dan senang menjadi salah satu fans-nya HarPot.

bagi aku novel Harry Potter (especially yang ke-5) mempunyai arti yang sangat penting dalam hidup. aku yang dulunya nggak suka membaca sesuatu yang berat-berat (seperti novel), saat ini malah menganggap novel hanyalah bacaan ringan bagiku. memang masih banyak sekali novel-novel yang belum aku baca. tapi selain membuat aku jadi suka baca novel, minat baca aku jadi semakin meluas. nggak hanya hal-hal yang berbau fiksi, yang non-fiksi pun aku suka (kecuali matematika, fisika, kimia hehe...)

why do i love reading?
selain bisa menambah pengetahuanku, aku bisa menemukan sesuatu yang lain dari membaca. yaitu hiburan. ketika penat (biasanya orang bilang kalau membaca akan menambah kepenatan aku malah sebaliknya) maka aku akan mengambil buku (terutama La Tahzan) untuk menghilangkan kepenatan. bagiku membaca seperti terapi otak. otak akan terasa segar kembali setelah membaca.

saat ini aku sedang menyicil untuk mengoleksi banyak novel. kadang-kadang aku beli novel pakai duit sendiri, kadang-kadang juga aku harus melancarkan segala jurus rayuan sama Dad supaya dikasih duit untuk beli novel. kalau belum bisa beli sih, biasanya minjam dulu. memang sih koleksi novelku masih sedikit but i have a dream that one day i can build my own big library yang nggak hanya aku saja yang bisa menikmati buku-buku yang ada didalamnya tapi juga semua orang yang suka membaca.

and guys, if u want to know about one thing... sebenarnya gara-gara membaca juga aku jadi punya cita-cita menjadi seorang penulis. terkadang suka ngiri aja sama seseorang yang berada dibalik sebuah buku yang lagi kubaca. bahwa apa yang sedang kubaca itu lahir dari otak dan tangan manusia. itu lah yang memotivasi aku juga untuk terus semangat. aku juga ingin suatu hari orang-orang menyadari bahwa apa yang mereka baca itu lahir dari tangan dan otak seorang TAMI. karena itu aku akan terus belajar, belajar dan belajar. supaya apa yang aku inginkan bisa tercapai. amin...

2 komentar:

  1. bibe tulisan mu q kasi nilai 8... bagus banget kurasa tulisan mu itu walau hanya artikel berupa pengalaman sendiri... skali2 cerita2 cerpen mu bibe... biar q kritik jga... and kamu juga begitu ya kritik jga tulisan2 q...

    BalasHapus
  2. oke..ntr tami buat byk cerpen lagi..biar bisa didin comen..n tami juga komenin tulisan2 didin :)

    BalasHapus